Tugas Pengantar Bisnis(CSR)

CSR
Senin, 25 Desember 2017

Ø  CSR
·         Bentuk komitmen usaha untuk bertindak secara etis, beroperasi secara legal, dan berkontribusi.
·         Tujuan kontribusi dengan cara meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif terhadap seluruh pemangku kepentingan.
Ø  Sejarah CSR
o   Dikemukakan oleh Howard R. Bawen ditahun 1953
o   Mulai diadopsi tahun 1970-an
o   Dipopulerkan oleh John Elkington bukunya yang berjudul Cannibal Business tahun 1998
o   John Elkingkon menyebut 3P(Profit, People, Planet)
o   Sebagai bentuk kritik
o   Diluar negeri sifatnya sukarela
Ø  Implementasi CSR
v  FILANTROPI (Sukarela)
v  Obligation (Kewajiban)
Ø  Landasan Pokok CSR
§  Dalam aktivitas/kegiatan Ekonomi
1.      Kinerja keuangan berjalan baik
2.      Investasi modal berjalan baik
3.      Kepatuhan dalam pembayaran pajak
4.      Tidak terdapat praktik suap/korupsi
5.      Tidak ada konflik kepentingan
6.      Tidak dalam keadaan mendukung rezim yang korup
7.       Menghargai hak asas kemampuan intelektual/paten
8.      Tidak melakukan sumbangan politis/lobi
§  Dalam isu lingkungan hidup
1.      Tidak melakukan pencemaran
2.      Tidak berkontribusi dalam perubahan iklim
3.      Tidak berkontribusi limbah
4.      Tidak melakukan pemborosan air
5.      Tidak melakukan praktik pemborosan energi
6.      Tidak melakukan penyerobotan lahan
7.      Tidak berkontribusi dengan kebisingan
8.      Menjaga keaneragaman hayati.
§  Dalam isu social
1.      Menjamin kesehatan karyawan /masyarakat yang terkena dampak
2.      Tidak mempekerjakan anak dibawah umur
3.      Memberikan dapak positif terhadap masyarakat
4.      Melakukan proteksi konsumen
5.      Menjunjung kebenekaragaman
6.      Menjaga privasi
7.      Bertanggung jawab dalam proses outsourching dan off-sharing
8.      Akses untuk memperoleh barang-barang dengan harga wajar
§  Dalam isu kesejahteraan
1.      Menjaga kesehatan karyawan
2.      Menjaga keamanan kondisi tempat kerja
3.      Menjaga keselamatan dan kesehatan kerja
4.      Menjaga keseimbangan kerja/hidup

 Adapun 5 pilar yang mencakup kegiatan CSR yaitu:
a)      Pengembangan kapasitas SDM di lingkungan internal perusahaan maupun lingkungan masyarakat sekitarnya.
b)      Penguatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan wilayah kerja perusahaan.
c)      Pemeliharaan hubungan relasional antara korporasi dan lingkungan sosialnya yang tidak dikelola dengan baik sering mengundang kerentanan konflik.
d)      Perbaikan tata kelola perusahaan yang baik
e)      Pelestarian lingkungan, baik lingkungan fisik, social serta budaya.


 Berikut ini adalah manfaat CSR bagi masyarakat:
a)      Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan kelestarian lingkungan.
b)      Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut.
c)      Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
d)      Adanya pembangunan desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.

Berikut ini adalah manfaat CSR bagi perusahaan:
a)      Meningkatkan citra perusahaan.
b)      Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
c)      Memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat.
d)      Membedakan perusahan tersebut dengan para pesaingnya.
e)      Memberikan inovasi bagi perusahaan

CONTOH KASUS:

Contoh perusahaan yang menerapkan CSR adalah PT PLN (Persero).
PLN telah “berkomitmen menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, mengupayakan tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan”, PLN bertekad menyelaraskan pengembangan ketiga aspek dalam penyediaan listrik, yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan. Untuk itu, PLN mengembangkan Program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud nyata dari Tanggungjawab Sosial Perusahaan Wewenang dan tanggung jawab Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) PT PLN (Persero), mencakup di antaranya:
  • Menyusun dan melaksanakan kebijakan pemberdayaan masyarakat di lingkungan perusahaan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan dan CSR dengan lingkup kegiatan Community relation, Community Services, Community Empowering dan Pelestarian alam.
  • Menyusun dan melaksanakan program kepedulian sosial perusahaan.
  • Menyusun dan melaksanakan program kemitraan sosial dan bina UKM dan peningkatan citra perusahaan.
  • Memastikan tersedianya dan terlaksananya program pelestarian alam termasuk penghijauan dan upaya pengembangan citra perusahaan sesuai dengan prinsip Good Corporate Governance.
Pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial Perusahan (CSR) :
A.     Community Relation
Kegiatan ini menyangkut pengembangan kesepahaman melalui komunikasi dan informasi kepada para pihak yang terkait. Beberapa kegiatan yang dilakukan PLN antara lain: melaksanakan sosialisasi instalasi listrik, contohnya melalui penerangan kepada pelajar SMA di Jawa Barat tentang SUTT/SUTET, dan melaksanakan sosialisasi bahaya layang-layang di daerah Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur
B.      Community Services
Program bantuan dalam kegiatan ini berkaitan dengan pelayanan masyarakat atau kepentingan umum. Kegiatan yang dilakukan selama tahun 2011, antara lain memberikan :
  • Bantuan bencana alam.
  • Bantuan peningkatan kesehatan di sekitar instalasi PLN, antara lain di Kelurahan Asemrowo, Surabaya yang berada di sekitar SUTT 150kV Sawahan-Waru.
  • Bantuan sarana umum pemasangan turap untuk warga pedesaan di Kecamatan Rumpin – Kabupaten Bogor, Jawa Barat serta bantuan pengaspalan jalan umum di Bogor – Buleleng, Bali.
  • Bantuan perbaikan sarana ibadah.
  • Operasi Katarak gratis di Aceh, Pekanbaru, Jawa Barat, dan kota lainnya di Indoenesia
  • Bantuan Sarana air bersih,
C.      Community Empowering
Kegiatan ini terdiri dari program-program yang memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk menunjang kemandiriannya. Kegiatan yang dilakukan  antara lain:
  • Bantuan produksi dan pengembangan pakan ikan alternatif di sekitar SUTET, bekerja sama dengan Fakultas Pertanian UGM.
  • Bantuan alat pertanian kepada kelompok tani Ngaran Jaya Kabupaten Kulonprogo, Jawa Tengah.
  • Bantuan pengembangan budi daya pertanian pepaya organik untuk komunitas di sekitar Gunung Merapi Yogyakarta yang bekerja sama dengan Fakultas Pertanian UGM.
  • Bantuan pengembangan pola tanam padi SRI produktivitas tinggi
  • Bantuan pelatihan pengembangan budi daya tanaman organik di sekitar instalasi PLN
  • Pemberdayaan anggota PKK Asemrowo, Surabaya.
  • Program budi daya jamur tiram masyarakat Desa Umbul Metro, Lampung.
  • Bantuan Pelatihan budidaya rumput lain di Kalimantan Timur
  • Bantuan Pelatihan kelompok tani tambak ikan tawar Danau Sentani, Papua
  • Pelatihan manajemen UKM dan Kiat-kiat pengembangan UKM di Papua
  • Pelatihan manajemen pemasaran dan keuangan bagi pengrajin souvenir khas Papua
  • Penyuluhan pertanian untuk petani di Genyem, Papua
  • Pemberian bibit coklat masyrakat dibawah ROW P3B Sumatera.

Komentar

Postingan Populer